Monday, May 3, 2010

peran suami dan istri dalam keluarga rumah tangga

Peran suami dan istri dalam keluarga Rumah tangga dan perkawinan

Meskipun laki-laki dan perempuan adalah sama dalam hubungan dengan Kristus, Alkitab memberikan peran spesifik untuk masing-masing dalam pernikahan. Suami adalah mengasumsikan kepemimpinan di rumah (1 Korintus 11:03, Efesus 5:23). kepemimpinan ini tidak boleh diktator, merendahkan, atau merendahkan kepada istri, tapi harus sesuai dengan teladan Kristus memimpin gereja. "Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri baginya untuk menguduskan-nya, membersihkan dirinya dengan mencuci dengan air melalui firman" (Efesus 5:25-26). Kristus mengasihi gereja (umat-Nya) dengan belas kasihan, kemurahan, pengampunan, rasa hormat, dan mementingkan diri sendiri. Dalam cara yang sama suami harus mengasihi istri mereka.

Istri untuk tunduk kepada otoritas suami mereka. "Istri, tunduklah kepada suamimu seperti untuk Tuhan. Untuk suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala gereja, tubuhnya, yang ia adalah Juruselamat. Sekarang sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian juga istri harus tunduk kepada suami mereka dalam segala sesuatu "(Efesus 5:22-24). Meskipun perempuan harus tunduk kepada suami mereka, Alkitab juga menceritakan beberapa orang kali bagaimana mereka seharusnya memperlakukan istri mereka. Suami tidak untuk mengambil peran diktator, tetapi harus menghormati istri dan pendapatnya. Bahkan, Efesus 5:28-29 mengajak orang untuk mencintai istri mereka dengan cara yang sama bahwa mereka mencintai tubuh mereka sendiri, makan dan merawat mereka. cinta seorang pria untuk istrinya harus sama dengan kasih Kristus bagi tubuh-Nya, gereja.
"Istri, tunduklah kepada suamimu, seperti yang pas dalam Tuhan. Hai suami, kasihilah isterimu dan tidak bersikap keras dengan mereka "(Kolose 3:18-19). "Suami, dengan cara yang sama juga menjadi pertimbangan saat Anda tinggal bersama istri Anda, dan memperlakukan mereka dengan hormat sebagai mitra lemah dan sebagai ahli waris dengan Anda tentang karunia pemberian hidup, sehingga tidak akan menghambat doa-doa Anda" (1 Petrus 3: 7). Dari ayat-ayat ini kita melihat bahwa cinta dan menghormati ciri peran kedua suami dan istri. Jika ada, maka wewenang, kepemimpinan, cinta, dan penyerahan akan ada masalah bagi baik mitra.
Dalam kaitan dengan pembagian tanggung jawab di rumah, Alkitab memerintahkan suami untuk menyediakan bagi keluarga mereka. Ini berarti ia bekerja dan membuat uang yang cukup untuk cukup menyediakan semua kebutuhan hidup bagi istri dan anak-anak. Untuk gagal untuk melakukannya mempunyai konsekuensi spiritual yang pasti. "Jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, ia telah murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman" (1 Timotius 5:8). Jadi, orang yang tidak akan mencoba untuk memberikan untuk keluarganya tidak bisa dengan tepat menyebut dirinya seorang Kristen. Ini tidak berarti bahwa istri tidak dapat membantu dalam mendukung keluarga-Amsal 31 menunjukkan bahwa seorang istri yang saleh pasti dapat melakukannya-tapi menyediakan untuk keluarga tidak terutama tanggung jawabnya; itu adalah suaminya. Sementara suami harus membantu anak-anak dan pekerjaan rumah tangga (dengan demikian memenuhi tugasnya untuk mengasihi istrinya), Amsal 31 juga menjelaskan bahwa rumah adalah menjadi daerah utama wanita itu pengaruh dan tanggung jawab. Bahkan jika ia harus tinggal sampai larut malam dan bangun pagi-pagi, keluarganya yang dirawat dengan baik. Ini bukan gaya hidup yang mudah bagi banyak perempuan-terutama di negara-negara makmur Barat. Namun, jauh terlalu banyak perempuan yang stres dan membentang ke titik putus. Untuk mencegah stress tersebut, baik suami dan istri doa harus menyusun ulang prioritas mereka dan mengikuti petunjuk Alkitab, peran mereka.
Konflik tentang pembagian kerja dalam sebuah pernikahan terikat terjadi, tetapi jika kedua pasangan diserahkan kepada Kristus, konflik ini akan menjadi minimal. Jika pasangan menemukan argumen atas masalah ini sering terjadi dan keras, atau jika argumen tampaknya ciri perkawinan, masalahnya adalah satu rohani. Dalam sebuah contoh, mitra harus recommit diri untuk berdoa dan tunduk kepada Kristus pertama, lalu satu sama lain dalam sikap kasih dan rasa hormat.



peran suami dalam keluarga, peran istri dalam keluarga, peran suami istri dalam keluarga, peran suami dalam membangun perkawinan, peran istri dalam perkawinan, peran suami istri dalam rumah tangga, peran istri dalam rumah tangga, peran suami dalam rumah tangga

No comments:

Post a Comment