Wednesday, May 5, 2010

peranan ayah buat anak

Apakah Peranan  ayah buat anak-anak. Apakah hanya ibu saja yang berperan dalam membesarkan anak-anak

Banyak orang berpikir bahwa merawat anak-anak pada dasarnya merupakan suatu "peran wanita '. Subyek ayah sering diabaikan. Kedua orang tua harus secara aktif terlibat dalam membesarkan anak-anak mereka. Peran seorang ayah sangat penting bagi saya. Saya seorang pria berusia 54 tahun dari Zambia. Saya telah dalam pekerjaan Kristen penuh-waktu untuk 31 tahun terakhir di Zambia, Zimbabwe dan Inggris, dan saat ini bekerja sebagai seorang pendeta gereja di utara London. Istri saya dan saya telah menikah selama 25 tahun dan kami memiliki dua putri dewasa.


Peranan seorang ayah  adalah Teladan yang baik
model peran saya sebagai seorang ayah adalah ayah biologis saya sendiri. Dia mengajarkan banyak hal, terutama dengan memberi contoh. Melalui hubungannya dengan ibu saya, ayah saya menunjukkan bahwa seorang ayah yang baik mengasihi, menghormati, kehormatan, menyediakan dan peduli untuk ibu anak-anaknya. Dia mengajarkan aku untuk menghormati orang lain, baik tetangga dan orang asing, dan menjadi baik kepada mereka. Ayahku mengambil tanggung jawabnya serius. Dia bekerja keras untuk memberikan seisi rumahnya dan kadang-kadang keluarga besarnya. Kami tidak memiliki banyak, tetapi kami tidak lapar, telanjang atau tunawisma. Ayah saya tidak membuat perbedaan antara tujuh putra dan lima anak. Kami semua diperlakukan persis sama. Ayah kami memastikan bahwa semua dua belas kita menerima pendidikan.

Saat itu dari ayah saya bahwa saya belajar bahwa pekerjaan saya ambil di tidak membuat saya pria saya. Sebaliknya, ia mengajarkan saya bahwa laki-laki saya akan mempengaruhi cara yang saya lakukan setiap pekerjaan. Karena itu pelajaran saya tidak pernah dianggap ada pekerjaan di bawahku. Saya menikmati dan masih menikmati pekerjaan rumah tangga, termasuk mengurus anak, membersihkan rumah, belanja makanan, memasak, mencuci piring, mencuci dan menyetrika.

definisi budaya dan harapan ayah bervariasi. Sayangnya, ada banyak model miskin kebapaan di dunia. Misalnya, ada orang-orang untuk siapa ayah dimulai dan berakhir dengan seks. Mereka tidak bertanggung jawab lebih lanjut untuk merawat pasangan mereka selama kehamilan. Mereka tentu tidak menganggap itu kewajiban mereka, apalagi sukacita dan kehormatan, untuk membawa anak-anak mereka. Ada begitu banyak ibu tunggal yang harus menanggung beban yang berat dan tidak adil dalam membesarkan anak-anak sendirian.

Sementara beberapa ayah mengabaikan anak-anak mereka, yang lain benar-benar menyiksa mereka. Hal ini bisa mental atau emosional penyalahgunaan, seperti pemotongan kasih sayang atau mengkritik anak terus-menerus. Beberapa menyakiti anak-anak mereka secara fisik, atau pelecehan seksual mereka. Orang-orang ini gagal dalam peran ayah dan menimbulkan kerusakan mengerikan pada anak. Masyarakat dan keluarga harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa para pengasuh anak-anak tidak pelecehan.

peranan seorang ayah sebagai kebapaan

Ini adalah hak istimewa yang sebenarnya menjadi ayah. Beberapa dari kami menjadi ayah biologis, banyak orang lain mengambil peran dari ayah melalui situasi yang berbeda, seperti melalui merawat anak yatim. Namun satu datang ke ayah, adalah penting untuk mengambil peran serius dan fokus pada kebutuhan (fisik, mental, emosional dan spiritual) anak. Ayah harus menginvestasikan waktu dan usaha untuk merawat anak-anak mereka dan membantu mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan. Ketika anak-anak muda, seorang ayah yang baik akan mengambil setiap kesempatan untuk menjaga, kenyamanan, berdoa dan memberikan untuk anak-anaknya. Dia akan berusaha untuk ikatan dengan mereka dalam hubungan cinta dan peduli. Ini bukan hanya masalah menyediakan fisik atau finansial untuk anak-anaknya. Bapa memiliki peran dalam menciptakan, baik yang hangat, lingkungan rumah yang aman dan ramah di mana untuk mengangkut anak-anak, dalam mendisiplinkan mereka dan mengajar mereka tentang budaya dan nilai-nilai. Seorang ayah harus membantu anak-anaknya untuk belajar untuk memilih apa yang benar, untuk menghormati semua manusia lainnya dan untuk mempersiapkan pada gilirannya untuk menjadi orangtua yang baik diri mereka kepada generasi berikutnya.

Rev Joe M Kapolyo adalah pendeta di Gereja Baptis Edmonton di London. Dia pernah bekerja sebagai Sekretaris Kitab Suci Uni Perjalanan di Zambia, seorang Menteri baik Pembaptis di Zambia dan Zimbabwe, dan seorang pendidik teologis di Zambia, Zimbabwe dan Inggris. Dia adalah pokok Teologi College Afrika Tengah di Zambia dan kemudian pokok Semua orang Kristen Bangsa College di Inggris.

Sumber :  Rev Joe Kapolyo.


peran ayah buat anak, peranan ayah buat anak, peran ayah, peranan ayah, teladan seorang ayah, peranan seorang ayah buat anak, peran seorang ayah

No comments:

Post a Comment