Saturday, August 14, 2010

Sejarah Javascript

Javascript yang dulunya diberi nama "LiveScript" diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Awalnya Javascript berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape.

 


Lalu mengapa sekarang berubah nama menjadi Javascript?
Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuatkesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian Netscape melakukan kerjasama dengan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.

Pada saat itu pula Microsoft melakukan adaptasi dengan teknologi ini yang diberi nama "Jscript"pada browser Internet Explorer 3.

Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML dan bergantung kepada browser,sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.

No comments:

Post a Comment