Monday, December 27, 2010

Cara membuat Blog di Blogspot



Cara membuat Blog di Blogspot, Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot, dengn mendaftar melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : siapadia.blogspot.com
Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger.com, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. contohnya kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, kita lebih leluasa untuk mengotak atik template sehingga menghasilkan tampilan yang menarik, anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan namamu.blogspot.com di ubah menjadi namamu.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Internet itu sendiri sifatnya tidak tetap, sehingga dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat.
Selanjutnya kita masuk untuk memulai membuat blog :


Membuat Email


Untuk langkah awal sebaiknya anda terlegih dahulu membuat email, dan sebaiknya membuat email gmail lewat google, untuk langkah membuat email gmail bisa anda cari lewat layanan google




Daftar Blog di blogger


 Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa yang anda inginkan agar lebih mudah difahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).



cara membuat blog




  1. Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

cara membuat blog
Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN



cara membuat blog di blogger


Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.

membuat blog
 

Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.



cara bikin blog


 

  Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik. 



cara bikin blog


  1. Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda.

  2. Selesai.

Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Untuk pembahasan lebih dalam tentang bagaimana blogging dengan blogger, akan di bahas pada posting berikutnya.

No comments:

Post a Comment