Thursday, June 2, 2011

CJ7- Review- Kemiskinan yang bermakna

Review:

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga miskin terdiri dari ayah dan anak. Ayahnya bernama Ti  (Stephen Chow) , berusaha membesarkan anaknya Xiao Ti (Xu Jiao) sebaik - baiknya. Ti hanyalah seorang ayah yang harus kerja keras menjadi kuli bangunan demi mengirimkan anaknya ke sekolah bergengsi. Sang ayah  selalu memberi nasehat kepada anaknya bahwa meskipun  mereka miskin, mereka tidak boleh berbohong, mencuri. Dan berbuat jahat.

Xiao Ti bersekolah di sekolahan elite. Disekolahnya, Xiao Ti selaludijauhi oleh teman - temannya, karena pakaiannya yang selalu kotor dan karena Xiao Ti adalah anak orang miskin.  Xiao Ti selalu dihukum saat pelajaran olaraga, karena dia tidak mempunyai sepatu yang layak.

Kehidupan mereka berubah saat, sang Ayah membawa sebuah benda asing berupa bola berwarna hijau itu kedalam kehidupan mereka. Bola hijau itu lambat laun berubah menjadi mahkluk lucu yang berasal dari ruang angkasa. Benda itu  diberi nama CJ7.
Awalnya Xiao Ti membayangkan bahwa makhluk itu akan menjadi dewa keberuntungannya dan merubah kehidupannya yang kelam.  Dasar anak-anak. Selalu punya harapan yang terlalu muluk, dengan khayalan tinggi, sambil bermalas-malasan. Xiao Ti meminta  CJ7 mengabulkan segala permintaannya..Namun kehidupan mereka yang serba kekurangan, bukan berubah semakin baik, malah yang terjadi adalah sebaliknya. Sang anak jadi sering dihukum oleh gurunya, nilai ujiannya semakin buruk, dan dia berbohong pada ayahnya sampai akhirnya  sang Ayah dipecat dari pekerjaannya. Rupanya CJ7 hanyalah makhluk biasa

Saat keberuntungan mulai datang.  Sang Ayah mendapatkan kembali pekerjaannya dan mendapat bonus dari bosny . Sebuah kecelakaan menimpa Ayah Xiao Ti yang mengakibatkan sang ayah meninggal dunia.  Musibah tersebut membuat Xiao Ti menjadi seorang anak yatim piatu.

CJ7 yang sedih melihat Xiao Ti menolongnya dengan kekuatan pemulihan yang dia miliki. CJ7 menguras 
semua tenaganya demi menghidupkan kembali ayah Ti.

Comment:
Sebuah film yang sangat bermakna dan patut ditonton, Menceritakan sebagaimanapun seseorang itu miskin dan kesulitan dalam kehidupannya mereka masih dapat menjalaninya dengan senyum dan gembira. “ Meskipun miskin tidak mencuri, tidak boleh berbohong…. ” menyadarkan kita bahwa setiap orang memiliki derajat dan martabat yang sama meskipun orang miskin ataupun kaya. Film ini menceritakan betapa gigihnya seorang ayah yang ingin membesarkan anaknya menjadi seorang yang berguna.

Film ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk terus berjuang dalam menjalani hidup.  Menghadapi segala cobaan dan penderitaan dengan kegigihan dan kejujuran.

Sangat mengejutkan sekali, Xu Jiao pemeran Xiao Ti dalam CJ7 ini, sebenarnya seorang gadis kecil. Xu Jiao berasal dari keluarga miskin yang tinggal di HangZhou ini, berhasil terpilih untuk mendapatkan peran sebagai anak Stephen Chow dalam film CJ7. Xu Jiao mengikuti audisi bersama dengan ribuan anak Tiongkok lainnya.

No comments:

Post a Comment