Tuesday, January 19, 2010

Chocolate ku tersayang

Anda mengenal coklat..?? itu sudah pasti..!! sebab semua orang', saya rasa pernah mencicipi yang namanya coklat dari coklat yang murah maupun yang mahal, dari yang bermerek sampai yang tidak ada mereknya, masih banyak lagi dech pokoke...! sebagian orang mungkin mengenal coklat hanya sebatas cemilan di waktu yang kosong namun untuk sebahagian orang yang lain coklat asli dengan rasanya yang pahit menjadi pilihan utama untuk di konsumsi secara bertahap , meski kenyataanya sedikit sekali orang yang menyukai coklat asli yang rasanya pahit itu



Coklat lahir atau berasal dari bahasa indian Aztec yaitu xocotl  n'yang artinya minuman pahit, suku Aztec, suku Maya .!! percaya bahwa dewa pertanian mengirimkan coklat yang berasal dari surga untuk mereka (ada-ada saja..) di negara Swiss Coklat diolah dengan sangat hati-hati dan bersih , sehingga Swiss di kenal sebagai penghasil produk Coklat bermutu tinggi yang lezat ..!!

Dahulu kala di saat semua orang belum banyak yang mengenal Coklat , rasa coklat itu masih murni pahit, Namun seorang pria berkebangsaan Spanyol Hernando kortez yang sering sekali pulang ke tempat asalnya dan membawa Coklat sebagai oleh-oleh itu, kerap  mencampur coklat dengan gula sehingga rasanya menjadi jauh lebih enak,  dan lambat laun membuat Coklat menjadi  populer di negara Perancis, Belanda, Inggris dan bla..bla..bla..!!

Sekarang ini beragam jenis coklat telah beredar di pasaran dan secara garis besar Coklat itu sekarang telah di bagi sesuai kasta atau statusnya. Wah.. dah kaya apaan aja yach..?? tapi itulah faktanya. Ada berbagai macam klasifikasi untuk coklat antara lain :

DARK CHOCOLATE alias coklat pekat dengan kandungan biji kakao paling tinggi minimal 70% dan coklat jenis ini teryata tidak terlalu banyak memiliki lemak jenuh atau minyak sayur (HVO)


WHITE CHOCOLATE alias coklat putih yang mengandung 33 % kakao dengan perpaduan antara gula, vanila, susu dan kali ini tidak memakai bla..bla..bla..!! sebab oleh perpaduan itulah yang menyebabkan warna coklat menjadi bule alias putih. coklat ini berbeda dengan coklat susu yang merupakan percampuran kakao dengan susu, sebab coklat susu hanyalah percampuran dua hal tadi saja yaitu coklat dan susu dan warnanya pun coklat muda lebih terang dari dark chocolate

Namun di zaman serba pelit sekarang ini dimana para produsen lebih mementingkan untung yang banyak dari pada kualitas coklatnya itu sendiri, Mungkin alangkah lebih baiknya bila saat membeli coklat, berupaya keras memilih dan memilah secara baik apakah, kandungan lemak jenuh dan gula jauh lebih tinggi atau tidak

Terkadang di dalam  coklat  lebih banyak mengandung minyak sayur terhidrogenesi (HVO) duh.. kayaknya so' teu bangget yach diriku ini... whehehe' tapi itulah faktanya, Sebab' konon katanya coklat yang asli tidak merusak kesehatan gigi dan ganguan kesehatan diabetes. jadi' sebelum membeli coklat pilihlah yang kandungan serta kualitasnya baik agar tidak terjadi hal-hal yang di inginkan.

No comments:

Post a Comment